Vodafone: Tidak Mungkin Inggris Akan Mencoret Huawei

Huawei 5G
Huawei 5G, via shutterstock.com/Daniel Constante

Chief Technology Officer (CTO) Vodafone Inggris, Scott Petty, merasa mimpi Inggris menjadi terdepan dalam teknologi 5G akan hilang jika operator harus menghabiskan waktu dan uang untuk mengganti peralatan yang dipakai sekarang.

Inggris akan menghadapi pukulan besar jika harus memutuskan hubungan dengan Huawei terkait infrastruktur teknologi.

Menurutnya sebaiknya Inggris berupaya memperluas cakupan jaringan 5G dan berinvestasi pada tahap selanjutnya dari teknologi ini alih-alih mengganti peralatan telekomunikasi dari China.

“Kami tidak terikat pada satu pemasok (vendor 5G, red), tetapi penting untuk memahami sejauh mana yang dipertaruhkan di sini,” kata Petty seraya menambahkan Vodafone saat ini juga bekerja sama dengan Ericsson dan masih menguji perangkat 5G dari pemasok lain, seperti diberitakan Reuters, Rabu (10/6/2020).

BACA JUGA:
Rusia Jalin Kerja Sama dengan Huawei, Perang Dingin 5G Dimulai

Dikabarkan, Inggris tengah mengadakan pembicaraan terkait perangkat jaringan 5G dengan NEC asal Jepang dan Samsung dari Korea Selatan. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan alternatif selain perangkat Huawei.

Huawei selama setahun terakhir dihantam oleh Amerika Serikat terkait tudingan perangkat 5G-nya yang tidak aman. AS menuding perangkatnya memiliki pintu belakang (backdoor) yang terhubung dengan intelijen pemerintah China. Huawei berkali-kali membantah tudingan tak berdasar itu.

Namun begitu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson sebagai sekutu terdekat AS pada Januari lalu masih menerima Huawei untuk terlibat dalam proyek jaringan 5G di negara tersebut.

Meski dilabeli sebagai “vendor berisiko tinggi”, Huawei diberi slot proyek besar meski tidak diizinkan masuk ke jaringan inti.

BACA JUGA:
Nokia Tunda Update Keamanan Perangkat Android-nya

Gara-gara keputusan itu Boris Johnson berada di bawah tekanan baru baik dari AS maupun anggota parlemen di partainya sendiri.

Parlemen Inggris mendesak agar pemerintahan Boris Johnson menghapus Huawei dari jaringan 5G sepenuhnya pada 2023.

TINGGALKAN SEBUAH KOMENTAR

Harap masukkan komentar anda!
Harap masukkan nama anda di sini