Hari Media Sosial Nasional, Kapolri Ingatkan Agar Bijak Menggunakan Media Sosial

Media Sosial, via sociohawk.com

Pada Hari Media Sosial Nasional 10 Juni 2020 ini, Kapolri Idham Azis meminta masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial. Mantan Kabareskrim Polri mengingatkan bahwa jejak digital sulit untu dihilangkan.

“Medsos (media sosial) sangat berperan penting untuk media komunikasi dan informasi di era globalisasi ini. Tapi ingat di sana ada jejak digital yang sulit dihapus sehingga kita harus bijak menggunakannya,” ujar Idham melalui keterangannya (10/6/2020).

Masyarakat bisa memanfaatkan media sosial yang menawarkan kemudahan bertukar gambar, informasi, maupun pemikiran secara cepat tanpa hambatan. Akan tetapi, perilaku penggunan media sosial telah diatur UU Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE).

BACA JUGA:
36 Aplikasi Kamera Berbahaya Ini Dihapus dari Google Play Store

“Banyak contoh kasus bagaimana orang tidak bijak bermedia sosial sehingga terjerat UU ITE. Karena itu masyarakat harus bijak dalam menggunakan medsos jangan sampai ada yang dirugikan,” kata Idham.

Kalpori berharap agar masyarakat dapat mengunggah konten yang berbau positif. Baik itu merupakan konten karya seni, konten edukatif, serta hal-hal lain yang kreatif dan menginspirasi. Bukan malah kabar hoaks maupun ujaran kebencian.

“Bukan malah hasutan, ujaran kebencian, kabar bohong atau hoaks, dan hal negatif lainnya. Hoaks bukan hanya sekedar berita bohong, tapi juga mampu mengubah cara pikir seseorang menjadi buruk. Sampaikan informasi dengan benar dan bertanggungjawab, serta penuhi kaidah etika dan norma,” jelas Idham Azis.

BACA JUGA:
Samsung Tolak Ganti Unit Galaxy S10 5G Meledak

Memang benar, media sosial memang suatu jalan penghubung komunikasi bagi orang-orang yang terlentang jarak. Baik anak-anak hingga orang tua lanjut usia sekalipun, media sosial tak menutup kemungkinan digunakan oleh hanya beberapa orang saja.

Oleh karena itu sesuai saran kapolri, sebaiknya semua orang bijak dalam menggunakan sosial media apapun.

TINGGALKAN SEBUAH KOMENTAR

Harap masukkan komentar anda!
Harap masukkan nama anda di sini