Cara Mengunci Jaringan 4G di Perangkat Android

0

Saat ini semua operator seluler di Indonesia telah meluncurkan jaringan berbasis 4G LTE. Jaringan ini menawarkan kecepatan transfer data 100Mb per detik hingga 1Gb per detik. Operator seluler pun menawarkan beragam paket 4G.

Namun, sinyal internet berbasis 4G LTE ini masih belum merata. Di beberapa tempat akan bisa dijumpai sinyal yang kurang stabil atau beralih dari 3G/3,5G (H+) ke 4G atau sebaliknya. Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor, diantaranya posisi tower yang jauh, berada di ruang tertutup atau karena masalah gangguan frekuensi.

Hal tersebut tentu mengganggu kenyamanan berselancar di internet karena tidak bisa menikmati kecepatan akses melalui jaringan 4G.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba tergantung perangkat Android yang kamu miliki.

1. Manual melalui Dial Pad

Metode ini dilakukan melalui aplikasi “Telepon” dilanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Ketik kode *#*#4636#*#* atau *#*#3646633#*#* pada “dial pad” perangkat Android kamu. Berikutnya akan tampil halaman “Pengujian”.
  2. Selanjutnya pilih “Informasi Perangkat”.
  3. Gulir ke bagian bawah hingga menemukan “Set preferred network type” kemudian pilih “LTE only”.
  4. Kembali atau tutup halaman tersebut dan tunggu beberapa saat.
  5. Selesai.

2. Melalui aplikasi pihak ketiga

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi ini akan membantu berperan sebagai jalan pintas dari kode yang dibahas di atas.

Ada banyak aplikasi sejenis di Google Play Store dengan fungsi seperti itu. Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan adalah 4G Switcher (4G LTE Switch).

Ketika kamu membuka aplikasi ini, kamu akan langsung mendapati menu “Device Information”, “Usage Statistics”, dan “Wi-Fi Information”. Langkah selanjutnya persis seperti yang kami jelaskan sebelumnya.

Namun, perlu diperhatikan, trik mengunci jaringan 4G hanya berlaku untuk kartu SIM 1. Oleh sebab itu, pastikan kartu SIM operator yang kamu gunakan, terpasang di slot 1. Kelemahan lainnya adalah setiap kali smartphone mati atau restart, setelan ini akan berubah seperti semula

Dua hal lain yang juga patut kamu perhatikan adalah area sekitar kamu mesti sudah tersedia jaringan 4G dari operator yang kamu gunakan dan mungkin saja tidak semua merek perangkat Android bisa melakukan trik ini.

Sebagai catatan, kamu tidak akan bisa menggunakan telepon dan SMS jika kamu mengatur jaringan ke 4G only kecuali operator seluler kamu memang hanya menggunakan jaringan 4G dan perangkat kamu mendukung VoLTE (Voice over LTE).

Demikian cara mengunci jaringan 4G pada smartphone Android. Semoga tips ini berguna untuk kamu yang menginginkan akses internet cepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here