Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat

Andoid Find My Device, via kompas.com

Kehilangan HP Android bisa dialami siapa saja. Entah karena lupa tempat letaknya, tercicil, atau dicuri.

Menghadapi masalah ini, pada 2013 lalu, Google memperkenalkan fitur Android Device Manager. Fungsinya melacak lokasi perangkat selama perangkat masih menyala.

Pada 2018 lalu, Google memperkenalkan aplikasi serupa dengan fitur lebih banyak bernama Find My Device.

Sistem pelacakan ini telah terpasang otomatis pada sistem operasi (OS) Android KitKat ke atas. Namun, tetap memerlukan set-up terlebih dahulu.

Untuk mengaturnya, Anda cukup masuk ke menu Pengaturan (Setting), lalu pilih menu Google dan pergi ke pilihan Keamanan (Security). Lanjutkan dengan memilih opsi Find My Device (Temukan Perangkat Saya), lalu aktifkan fitur tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di aplikasi Find My Device:

1. Menampilkan lokasi terakhir

Untuk melacak perangkat Android, ketik “find my device” atau “temukan perangkat saya” di laman pencarian Google.

Jika ponsel Andoid Anda hilang dan tidak terkoneksi internet, sehingga tidak dapat menampilkan lokasi saat ini, Find My Device dapat melacak lokasi terakhir dari riwayat lokasi Google Maps.

BACA JUGA:
Fitur-Fitur Android yang Menarik untuk Dicoba

Caranya, buka laman Google pada ponsel atau desktop, lalu ketik pada tab “find my device” atau bisa juga “temukan perangkat saya”. Seperti pada gambar di atas, Anda akan diminta untuk masuk ke akun GMail yang tersingkronisasi dengan perangkat Android.

Fitur Maps Timeline untuk melacak riwayat lokasi perangkat.

Pengguna juga bisa menggunakan Google Maps langsung dari aplikasi Find My Device, sehingga pengguna dapat menelusuri riwayat lokasi perangkatnya. Penelusuran bisa dimulai dengan mengklik “maps timeline”. Anda bisa menelusuri sesuai tanggal, bulan dan tahun perangkat Anda.

2. Menampilkan cara akses internet terakhir

Aplikasi Find My Device akan manampilkan cara akses data terakhir perangkat. Pada gambar ini menggunakan FreeWiFi. Dapat juga menampilkan nama operator.

Aplikasi Find My Device juga akan menampilkan cara terhubung ke internet terakhir dari perangkat, pada gambar perangkat terhubung dengan FreeWiFi terakhir kali. Dapat juga menampilkan nama operator apabila terhubung ke jaringan operator seluler.

3. Menampilkan informasi daya baterai

Find My Device dapat menampilkan informasi daya baterai.

Meskipun hilang atau terselip, pengguna bisa memantau sisa daya baterai perangkatnya melalui apliaksi ini. Sehingga, pemilik perangkat bisa memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menemukan baterai.

BACA JUGA:
Cara Download Sticker Telegram untuk WhatsApp

4. Menderingkan ponsel dari jarak jauh, mengunci layar, hingga menghapus data

(kiri ke kanan) Fitur Play Sound untuk menderingkan ponsel dari jarak jauh, Fitur Lock untuk mengunci ponsel dari jarak jauh, dan fitur Erase, untuk menghapus data ponsel dari jarak jauh.

Jika smartphone Android terselip di suatu ruangan, Anda bisa memanfaaatkan fitur dering (Play Sound) untuk membunyikan ponsel.

Dari jarak jauh, nada dering ponsel akan tetap berbunyi dengan volume maksimal selama lima menit, meskipun dalam keadaan silent atau senyap. Ketika ponsel telah ditemukan, cukup tekan tombol power untuk mematikan deringnya.

Namun, jika ponsel benar-benar hilang, ada langkah yang bisa dilakukan untuk mengindari pencurian data atau penyalahgunaan aplikasi mobile lain. Pengguna bisa mengunci (lock) layar agar tidak bisa dioperasikan oleh “tangan yang salah”.

Anda akan diminta mengisi password untuk mengunci layar perangkat, sekaligus menampilkan pesan khusus yang akan muncul di lock screen.

Pengguna pun bisa menambahkan nomor ponsel yang bisa dihubungi jika seseorang berhasil “menyelamatkan perangkat”, namun untuk nomor ponsel ini bersifat opsional.

Anda juga bisa menghapus semua data di perangkat dengan memilih opsi hapus (erase).

BACA JUGA:
Cara Cek Nomor HP Sendiri Semua Operator

Menu ini akan me-reset ponsel dari jarak jauh.

5. Menggunakan Wearable Device berbasis Android

SmartWatch Android juga bisa digunakan untuk melacak ponsel Android yang hilang, dan sebaliknya.

Tak hanya smartphone Android, aplikasi ini juga bisa melacak wearable device berbasis Android, seperti arloji pintar atau smartwatch. Anda juga bisa menggunakan smartwatch untuk melacak smartphone Android yang hilang, begitu sebaliknya, dengan syarat fitur lokasi di kedua perangkat aktif.

Cukup ucapkan “Hey Google. Find My Device” ke Google Asisstant. Atau bisa juga memilih opsi “Find my phone” di menu awal yang tercantum pada Android Wear yang kini menjadi Wear OS. Setelah terlacak, smartphone Android akan berdering dengan volume paling kencang meskipun dalam mode senyap.

Sebagai catatan, cara-cara di atas hanya bisa digunakan ketika perangkat Android dalam keadaan menyala, tidak dimatikan atau kehabisan baterai. Perangkat juga harus tersambung dengan internet, baik dengan Wi-Fi atau paket data seluler dan juga mengaktifkan GPS.

TINGGALKAN SEBUAH KOMENTAR

Harap masukkan komentar anda!
Harap masukkan nama anda di sini